Selasa, 24 November 2015

#SIP C.B.I.S & Evolusi C.B.I.S

C.B.I.S

COMPUTER BASIS INFORMATION SYSTEM
   Suatu sistem informasi yang didasarkan pada perangkat keras komputer dan teknologi perangkat lunak untuk pengolahan dan penyebaran informasi. 

  Menurut Cedano Sebuah sistem informasi adalah seperangkat terintegrasi orang, proses dan mekanisme untuk mengumpulkan, menyimpan, dan pengolahan data untuk memberikan informasi ke arah tujuan tertentu. Hal ini umum untuk mengasumsikan bahwa suatu sistem informasi yang sudah terkomputerisasi.


EVOLUSI-EVOLUSI C.B.I.S
   Evolusi sistem informasi berbasis komputer adalah hal wajib dalam kemampuan untuk mengatasi dengan evolusi lingkungan dalam desain dan pengembangan. Desain yang baik dari sistem perangkat lunak memiliki pengaruh pada semua tahapan kegiatan pembangunan. Model sistem perangkat lunak dimaksudkan untuk kemudahan pemahaman yang lebih baik dari pemeliharaan dan penggunaan kembali. Model ini tidak harus membuat komitmen awal untuk merancang keputusan dan juga harus independen dari mekanisme pelaksanaan yang digunakan. Abstraksi tersedia dalam praktik desain   O-O sebagian besar dalam bentuk kelas, interface dan paket. Abstraksi mengatasi masalah yang sangat dekat dengan kode dan karenanya membuat komitmen awal untuk merancang keputusan. Oleh karena itu kita harus menggunakan model tingkat tinggi untuk menggambarkan desain untuk mendukung evolusi.



   Meskipun sebagian besar pengembang perangkat lunak menyadari metodologi pemodelan berorientasi seperti data, proses dan pemodelan berorientasi objek, mereka sering tidak diikuti secara rinci dalam praktek, dan kebanyakan hanya dalam tahap pengembangan awal. apa yang membedakan pengembangan model berbasis dari menggunakan model dalam mode ini adalah.

  • Model dalam arti diaktifkan, dimanfaatkan seluruh pengembangan, penggunaan dan evolusi sistem.
  • Model yang dibuat baik dari sistem, dan lingkungan dari sistem. MBSE, juga sering disebut Model-Driven Software Development (MDSD (Stahl dan Volter 2006)), termasuk pendekatan seperti Model-Driven Architecture (MDA), Microsoft Software Factory (menerapkan bahasa domain-spesifik - DSL) dan Modelling Domain-Specific, tujuan MDSD adalah:

  •      Peningkatan kecepatan pembangunan melalui sistem generasi otomatis.
  •      Peningkatan kualitas perangkat lunak melalui penggunaan otomatis transformasi dan     bahasa pemodelan didefinisikan secara formal.
  •      Kemungkinan untuk mengubah pelaksanaan lintas sektor dalam satu tempat.
  •      Tingkat yang lebih tinggi usabilitas pengetahuan rekayasa perangkat lunak.
  •      Peningkatan pengelolaan kompleksitas melalui abstraksi.
  •      Interoperabilitas dan portabilitas sistem perangkat lunak.

Focus Awal Data
   Nama yang diberikan untuk aplikasi akuntansi berbasis komputer adalah pengolahan data elektronik (EDP) atau disingkat data processing (DP). SIA digunakana untuk menggambarkan sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan.

Fokus Baru Informasi
   Konsep SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterpakan untuk tujuan utama menghasilkan informasi menajemen

Fokus Sekarang pada Komunikasi
-       OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik.
-       OA dimulai th. 1964 saat IBM mengumumkan produknya, Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin tik yang dapat mentik kata kata yang telah terekam dalam pita magnetik Ex. Word Processing, Teleconferencing, Voice Mail, Email, Electronic Calendaring, Facsimile Transmission dan Desktop Publishing.

 Fokus Potensial pada Konsultas
      Saat ini berlangsung gerakan untuk menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau AI bagi masalah-masalah bisnis.


Refrensi

1.Quora.com, (2015). What is a computer-based information system? - Quora. [online] Available at: https://www.quora.com/What-is-a-computer-based-information-system [Accessed 24 Nov. 2015].

2.http://agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/6452/Pengenalan+pada+Manajemen+Informasi.pdf [Accessed 24 Nov. 2015].

3.Google.co.id,(2015).[online] Available at: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=11&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjT6riF1qjJAhVKBo4KHcZKAtgQFghgMAo&url=http%3A%2F%2Fgrail.cba.csuohio.edu%2F~sanchita%2Fist305%2Fclassnotes%2FHardware.ppt&usg=AFQjCNGMvlo96XwexwrJMrRNPPsIutbMLg&sig2=Am-BSJbHXDg1wPipe79x9g&bvm=bv.108194040,d.c2E [Accessed 24 Nov. 2015].

4.Konstantas, D., Leonard, M., Pigneur, Y. and Patel, S. (2003). Object-Oriented Information Systems. 9th ed. Geneva: Springer, p.179.

5.Krogstie, J. (2012). Model-based development and evolution of information systems. London: Springer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar