Rabu, 08 Oktober 2014

Pembutan dan Analisis Usaha Coffee Shop

             Dalam pembentukan sebuah usaha menengah bahkan usaha yang berkelas sekali pun banyak hal yang harus kita pertimbangan. Saya akan ambil contoh ketika saya ingin membuat suatu lapangan usaha yang bersifat kuliner, oke kita ambil sample yang sekarang lagi banyak diperbincangkan ialah membuat coffeeshop. Sebelum kita membuat suatu usaha kita harus mempertimbangkan S.W.O.T.  S.W.O.T sendiri ialah kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).
             
             Dalam pembuatan coffeeshop ada dua hal yang membuat itu menjadi sangat mahal secara materi yaitu tempat dan mesin espresso. Kenapa tmpat menjadi hal yang sangat tinggi harganya, karena untuk tempat dengan standart tinggi seperti dijakarta seperti daerah menteng, kemang, block m ialah tempat yang strategis. Kenapa mesin espresso bisa dibilang mahal karena dengan mesin espresso dengan spec yang tinggi bisa membuat coffee crema dan mengeluarkan serta body espresso secara maksimal ditambah dengan kualitas dari beans (biji kopi) yang baik. 

            Kita bicara tentang 5 W 1 H, sebelum kita membuat usaha kita harus mengartikan 5 W 1 H, seperti,
1.      Apa itu coffeeshop?
2.      Menapa harus coffeeshop?
3.      Dimana coffeeshop itu akan berjalan?
4.      Siapa yang akan menjalankan coffeeshop?
5.      Kapan coffeeshop itu akan berjalan?
6.      Bagaimana Coffeeshop itu akan berjalan?
Pertanyan seperti yang diatas harus kita jawab dan kita diskusikan bersama partner business kita atau pada orang kepercayaan kita atau pada konsultan bisnis kita.

Saya akan mencoba menjawab dengan mengibaratkan saya akan membuat sebuah coffeeshop.

1.      Coffee shop adalah sebuah usaha kuliner tempat dimana kita menyajikan coffee/kopi dengan kualitas bean baik dan dengan method yang benar.
2.    Pada saat ini coffeeshop bisa dibilang ialah usaha yang menguntungkan karena coffee/kopi sudah menjadi life style di Indonesia dan coffee/kopi Arabica Indonesia ialah coffee terbaik ke 2 di dunia setelah Brazil.
3.     Saya akan membuat usaha coffeeshop ini berada didaerah Block M dengan Market utama saya ialah pekerja dan mahasiswa.
4.     Dikarenakan saya sibuk dengan usaha/perkerjaan saya, saya tidak bisa terjun langsung pada usaha ini maka saya akan mencari orang yang bisa saya percaya untuk menjadi penanggung jawab usaha ini.
5.       Setelah semua items telah terkumpul dan standard operasional telah ada maka usaha ini telah siap untuk berjalan.
6.    Dengan ada nya standard operasional dan  strategi marketing yang baik maka usaha ini akan siap berjalan secara auto, dan kita bisa memantau serta memikirkan resolusi kedepan. Alangkah baiknya jika ingin merenovasi tempat usaha dll, kita sudah mendapatkan modal kita kembali.

Terimakasih semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar