Minggu, 11 Oktober 2015

#SIP ARSITEKTUR KOMPUTER & STRUKTUR KOGNISI MANUSIA

ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA

Arsitektur komputer merukapan konsep struktur pengoprasian dasar dan perancangan sistem komputer. Konsep perancangan dalam bidang komputer ialah sistem komputer yang memberikan deskripsi fungsional dan rancangan cetak biru pada bagian perangkat keras yang memang di desain melalui kecepatan proses dan sistem informasi interkoneksi, masing-masing bagian yang lebih disenergikan melalui proses jalannya CPU yang bekerja dan dibantu dalam pengaksesan data dari memory chance, RAM, ROM, dan cakram keras serta jenis perangkat pendukung lainnya.

  • 1950 -1960 : Arsitektur komputer adalah suatu komputer aritmatik
  • 1970 – pertengahan 1980 : Arsitektur komputer adalah suatu desain   instruksi untuk suatu kompiler
  • 1990 : Arsitektur komputer adalah suatu bentuk desain CPU, sistem memori, sistem I/O, multiprosesor dan network komputer
  • 2010 : Arsitektur komputer : suatu sistem yang dapat beradaptasi sendiri, struktur yang dapat mengorganisasikan sendiri, sistem DNA 
Arsitektur Komputer adalah desain komputer yang meliputi :
  1. Set instruksi
  2. Komponen hardware
  3. Organisasi atau susunan sistemnya
Ada 2 bagian pokok arsitektur komputer :
  • Instructure Set Architecture
Spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer
  • Hardware System Architacture
Meliputi subsistem hardware dasar yaitu  CPU, Memor dan I/O system
Cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur :
  1. Membangun array prosesor
  2. Menerapkan proses pipelining
  3. Membangun komputer multiprosesor
  4. Membangun komputer dengan arsitektur lain.
Kriteria mesin Von Neumann :
  1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU,  sebuah memori dan sebuah I/O sistem
  2. Merupakan stored-program computer
  3. Menjalankan instruksi secara berurutan
  4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
  1. Jumlah prosesor
  2. Jumlah program yang dapat dijalankan
  3. Struktur memori
Ada beberpa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer, tiga diantaranya adalah :
  1. Manfaat Arsitektural
  2. Kinerja Sistem
  3. Biaya Sistem
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu :
  1. Aplicability
  2. Maleability
  3. Expandibility
  4. Comptible
Komponen- komponen arsitektur komputer

  1. Input (Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.  
  2. Pemroses Pemroses sebuah komponen komputer yang bekerja untuk mengolah data yang masuk kedalam komputer.
  3. Penyimpanan Penyimpanan sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data baik sementara atau selamanya.
  4. Output (Keluaran) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Struktur Kognisi Manusia

Kognitif teori menaruh beban dengan kompleksitas menggunakan construck tunggal: elemen interaktivitas (Sweller, 1994). Sebuah elemen adalah segala sesuatu yang perlu dipahami dan dipelajari, jika elemen berinteraksi, mereka tidak dapat dipahami secara terpisah sedangkan unsur-unsur non-berinteraksi dapat dipahami dan dipelajari secara independen satu sama lain. Jika banyak elemen berinteraksi, unsur interaktivitas yang tinggi; jika beberapa berinteraksi, unsur interaktivitas rendah. Tingkat beban kognitif instric depand sepenuhnya pada tingkat unsur interaktivitas. Dengan kata lain, kompleksitas intrinsik informasi yang seorang pelajar mencoba untuk mengasimilasi ditentukan oleh tingkat unsur interaktivitas. 

kognitif manusia dapat dicirikan sebagai sistem pengolahan informasi alami. Setiap sistem pengolahan informasi yang dapat ditemukan di alam adalah sistem pengolahan informasi alami. Evolusi melalui seleksi alam adalah salah satu sistem sucs seperti sistem kognitif hewan apapun.

Prinsip-prinsip tersebut adalah:
1. Prinsip-prinsip menyimpan informasi. Sistem informasi alam termasuk menyimpan informasi yang menentukan semua aktivitas dengan aktivitas acak execption.
2. keacakan sebagai prinsip-usul. Informasi di toko dapat diubah secara acak mengusulkan perubahan disingkirkan. Prinsip ini adalah sumber awal dari semua informasi di toko sistem pengolahan informasi alami.
3. Batas-batas sempit prinsip perubahan. Semua perubahan ke toko oleh perubahan acak harus relatif kecil untuk ukuran toko untuk memastikan bahwa fungsional dari toko dipertahankan.
4. Prinsip pinjaman. Perubahan yang lebih besar untuk toko dapat terjadi dengan menambahkan informasi dari toko lain yang telah alredy diuji untuk efektivitas.

Pada dasarnya sistem komputer didesain untuk mengikuti perintah kita, dan sistem berfikir manusia didorongkan pada hati dan otak, 2 hal itu bisa terpengaruh dari lingkungan keluarga, lingkungan sepermainan, dan apa saja yang sudah dilakukan selama hidup.

Kekurangan.
Komputer membutuhkan perintah yang detail untuk menjalanakan program, sehingga manusia harus belajar untuk mengoprasikan dan memaksimalkan kinerja komputer.

Kelebihan.
Komputer dapat merealisasikan apa yang ada diimajinasi manusia kedalam bentuk gambar video dll, dan untuk itu dibutuhkan program atau softwere, untuk membuat program atau softwere manusia dituntut untuk lebih belajar mendalami hal itu.

Sumber.
1. http://www.anneahira.com/arsitektur-komputer.htm
2. http://www.it-jurnal.com/2015/06/arsitektur-komputer.html
3. https://prezi.com/mtexjtmoaufh/komponen-komponen-arsitektur-komputer/
4.https://scholar.google.co.id/scholarq=human+cognitive+system&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart&sa=X&sqi=2&ved=0CBkQgQMwAGoVChMIleqkxvK6yAIVDh2OCh2hcQ60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar